“PENGERTIAN
DAN KLASIFIKASI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BAHASA”
Dosen
pengampu :
M. Bayu
Firmansyah, S.S, M.Pd
Disusun
Oleh :
Lailatul
Fitria (16188201046)
Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
STKIP
PGRI PASURUAN
Jl. Ki
Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan
2019
1.
Pengertian Strategi
Secara umum sering dikemukakan bahwa
strategi merupakan suatu teknik yang digunakan unuk mencapai suatu tujuan.
2.
Pengertian Belajar
Dalam bahasa sederhana kata belajar di
maknai sebagai menuju ke arah yang lebih baik dengan cara sistematik. Kata
belajar berarti proses perubahan tingkah laku pada peserta didik akibat adanya interaksi
antara individu dan lingkungannya melalui pengalaman dan latihan.
3.
Pengertian Strategi Belajar
Strategi belajar dipresepsi dan
diartikan berbeda-beda. Strategi sebagai sifat, tingkah laku yang tidak
teramati, atau langkah nyata yang dapat diamati.
4.
Penggolongan Strategi Belajar
Strategi belajar menurut
Huda (1999) dapat digolongkan atas beberapa cara. Pertama, strategi belajar dapat digolongkan atas strategi utama dan
pendukung, atau strategi langsung dan strategi tidak langsung. Kedua, strategi kognitif dan strategi
metakognitif. Ketiga, strategi
sintaksis dan strategi semantik. Subyantoro dkk (2004) mengungkapkan
jenis-jenis utama strategi dilihat dari karakteristik belajar setiap individu,
yaitu strategi mengulang, elaborasi, organisasi, dan metakognitif. Stern (dalam
Huda, 1999) mengidentifikasi 10 strategi belajar, yaitu strategi perencanaan,
aktif, empati, formal, eksperimental, semantik, praktik, komunikasi,
monitoring, internalisasi. O’Malley, dkk menggolongkan strategi belajar atas 3
kelompok, yaitu strategi metakognitif, kognitif, dan sosio-afektif.
Oxford-Carpenter menggolongkan strategi belajar atas 2 kelompok besar, yaitu
strategi langsung atau utama dan strategi tidak langsung atau pendukung.
5.
Strategi Metagkognitif dan Sosio-afektif
Strategi metakognitif
merujuk kepada teori pemerosesan informasi yang menujukan
“pelaksanaan” fungsi, yaitu strategi yang melibatkan perencanaan pembelajaran,
perenungan proses pembelajaran pada saat pelaksanan fungsi
berlangsing, memonitor pemahaman dan produk bahasanya sendiri, sdan
mengevaluasi pembelajaran setelah penyelesaikan suatu aktivitas.
Strategi sosio-afektif berhubungan
dengan aktivitas yang bermediasi sosial dan bertransaksi dengan yang lain. Kelompok
strategi sosio-afektif terdiri atas kerjasama dan pertanyaan untuk penjelasan.
6.
Klasifikasi Strategi Pembelajaran
Kelasifikasi strategi pembelajaran
adalah pengelompokan strategi pembelajaran berdasarkan segi-segi
yang sejenis yang terdapat dalam setiap strategi
pembelajaran. Komponen-komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran yang
dikemukan oleh Gulo (2002) :
a.
Tujuan Pengajaran
Dalam pembelajaran dikenal dengan
dua macam tujuan pengajaran, yaitu tujuan intruksional dan tujuan
iringan. tujuan intruksional dinyatakan secara eksplisit dalam GBPP (Garis-garis
Besar Program Pengajaran) sedangkan tujuan iringan tidak terdapat dalam GBPP,
tetepi bergantung pada pengajar dalam merancang strategi pembelajaran.
b.
Pengajar
Setiap pengajar dituntut untuk menguasai
berbagai kemampauan sebagai pengajar yang profesional dalam bidangnya.
c.
Peserta Didik
Hal yang perlu dipertimbangkan dalam
memilih dan menentukan strategi pembelajaran yang tepat adalah
peserta didik.
d.
Materi Pelajaran
Komponen ini merupakan salah satu
masukan yang harus dipertimbangkan dalam memilih stratergi pembelajaran. Materi
pelajaran dapat dibedakan menjadi dua, yaitu materi formal dan materi informal.
e.
Metode Pengajaran
Adanya berbagai metode pengajaran
perlu dipertimbangkan dalam strategi pembelajaran.
f.
Media Pembelajaran.
Dewasa ini tersedia bermacam-macam
berbagai media pengajaran, mulai dari yang tradisional sampai yang
paling canggih, seperti peralatan laboratorium yang modern, komputer,
LCD, dan lain-lain.
g.
Faktor
Administrasi dan Finalis
Faktor-faktor yang tidak boleh
diabaikan dalam pemilihan strategi pembelajaran adalah segi admistrasi dan
finalis, seperti jadwal pelajaran kondisi gedung dan ruang belajar.
7.
Jenis Strategi Pembelajaran
Jenis-jenis strategi pembelajaran
berdasarkan klasifikasinya, yaitu sebagai berikut :
a.
Strategi Pembelalajaran Berdasarkan Penekanan Komponen
dalam Program Pengajaran
(a)
Strategi Pembelajaran yang Berpusat pada Pengajar
(b)
Strategi Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik
(c)
Strategi Pembelajaran yang Berpusat pada Materi
Pengajaran
b.
Strategi Pembelalajaran Berdasarkan Kegiatan
Pengolahan Pesan atau Materi
(a)
Strategi Pembelajaran
Ekspositoris
(b)
Strategi Pembelajaran
Heuristik atau Kurioristik
c.
Strategi Pembelajaran Berdasarkan Pengolahan Pesan
atau Materi
(a)
Strategi Pembelajaran
Deduksi
(b)
Strategi Pembelajaran
Induksi
d.
Strategi Pembelajaran Berdasarkan Cara Memproses
Penemuan
(a)
Strategi Pembelajaran
Ekspositoris
(b)
Strategi Pembelajaran
Discovery
DAFTAR PUSTAKA :
Iskandarwassid dan Dadang. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT
Remaja Rosda
Komentar
Posting Komentar