“PENGOLAHAN SKOR MENTAH DALAM KEGIATAN ASESMEN PEMBELAJARAN BAHASA”
Dosen pengampu :
M. Bayu Firmansyah, S.S, M.Pd
Disusun Oleh :
Lailatul Fitria
(16188201046)
Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara
No. 27-29 Pasuruan
2019
A.
PENGERTIAN
Penilaian (dalam arti khusus) pada dasarnya bertujuan
untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dan hasil mengajar guru.
Penilaian berangkat dari suatu pengukuran. Hasil dari suatu pengukuran belum banyak
memiliki arti sebelum dibandingkan dengan standar atau patokan yang telah
ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian, penilaian dapat diartikan sebagai suatu
proses membandingkan hasil pengukuran dengan patokan/kriteria/norma tertentu.
B.
ACUAN PENILAIAN
Dilihat dari perencanaan tes dan penafsiran hasil tes,
pengukuran dalam bidang pendidikan bisa berdasarkan pada acuan norma atau
kriteria/patokan. Kedua acuan ini menggunakan asumsi yang berbeda tentang
kemampuan seseorang. Penilaian acuan norma berasumsi bahwa kemampuan orang itu
berbeda dan dapat digambarkan menurut distribusi normal. Sedangkan penilaian
acuan patokan berasumsi bahwa hampir semua orang bisa belajar apa saja namun
waktunya berbeda.
1.
Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Penilaian Acuan Patokan (PAP) merupakan penilaian yang
dilakukan dengan cara membandingkan skor hasil tes siswa dengan suatu patokan
yang telah ditetapkan, yang akan dijadikan standar kelulusan atau pemberian
nilai tertentu. Dalam mengolah skor mentah menjadi nilai dengan menggunakan Penilaian
Acuan Patokan dapat menggunakan empat jenis skala.
a)
PAP Skala Lima
Skala Lima adalah suatu pembagian tingkatan yang
terbagi menjadi lima kategori. Masing-masing tingkatan biasanya dinyatakan
dengan huruf A, B, C, D, dan E.
b)
PAP Skala Sembilan
Skala Sembilan adalah suatu pembagian tingkatan yang
terbagi menjadi sembilan kategori. Masing-masing tingkatan biasanya dinyalakan
dengan angka 1 sampai dengan 9.
c)
PAP Skala Sepuluh
Skala Sepuluh adalah suatu pembagian tingkatan yang
terbagi menjadi sepuluh kategori. Masing-masing tingkatan biasanya dinyatakan
dengan angka 1 sampai dengan 10.
d)
PAP Skala Sebelas
Skala Sebelas adalah suatu pembagian tingkatan yang
terbagi menjadi sebelas kategori. Masing-masing tingkatan biasanya dinyatakan
dengan angka 0 sampai dengan 10.
2.
Penilaian Acuan Norma (PAN)
Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah suatu norma yang
disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para
pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian, skor standar yang dicapai oleh siswa
yang didasarkan norma relatif ini mencerminkan status individu didalam
kelompok. Pedoman yang dipergunakan untuk mengubah skor mentab menjado skor
standar pada PAN didasarkan atas Mean dan Standar Deviasi. Penilaian dengan menggunakan Acuan Norma
dapat dibeda-bedakan menurut jenis skala yang dipergunakan, yaitu PAN Skala
Lima, PAN Skala Sembilan, PAN Skala Sepuluh, dan PAN Skala Sebelas.
DAFTAR PUSTAKA :
Wahyuni, sri dan Syukur
Ibrahim, Abd. 2014. Asesmen Pembelajaran
Bahasa. Bandung: Refika Aditama.
Komentar
Posting Komentar